Ini akan Terjadi Jika Blogger Mogok Menulis

Ini akan Terjadi Jika Blogger Mogok Menulis

TAYANGLAGI.WEB.ID – Akhir-akhir ini sebuah situs berita nasional menjadi perbincangan hangat dikalangan blogger. Penyebabnya situs berita ini dianggap “merampas” jatah blogger single fighter (personal) dimesin Pencari.  Situs besar tersebut kini ikut membidik juga kata kunci yang bersifat abadi bukan sekedar berita.
Mogok Menulis

Dengan dukungan Tim yang bagus dan modal yang banyak tentu ini bukan hal yang sulit terbukti beberapa kata kunci sudah dikuasai situs berita ini. Hal ini tentu membuat blogger gigit jari dan siap-siap posisi artikelnya terhempas. Blogger berada dalam posisi yang dilematis mau terus menulis atau mogok saja.

Lalu apa jadinya jika semua blogger kompak Mogok menulis? Kemungkinan blogger mogok tetap ada karena buat apa sudah capek menulis tapi sulit mendapatkan kunjungan organik dari Google apalagi jika blog tersebut digunakan untuk bermain Adsense.

Baca Juga : 3 Prinsip Dasar Ngeblog Membuat Betah Menulis

Menurut saya 3 hal ini akan terjadi jika semua blogger mogok menulis :

1.Sumber informasi dikuasai situs-situs besar
Jika anda aktif di facobook pasti sering melihat situs-situs besar membagikan postingannya di facobook. Biasanya isi postingannya lebih bertujuan untuk mendapatkan trafik sebesar-besarnya dengan cara apapun sehingga terkadang membuat artikel yang kurang pantas/kontroversial misalnya artikel dewasa atau hal-hal yang tidak pantas ditiru misalnya berita prostitusi online.

Berbeda dengan tulisan blogger yang lebih mengedepankan unsur berbaginya, tak jarang artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi yang bisa dijadikan rujukan. Sungguh disayangkan jika artikel semacam ini tenggelam oleh artikel yang tidak ada unsur berbaginya.

Tetaplah menulis artikel yang bermanfaat agar bisa mengimbangi atau kalau bisa mengungguli artikel-artikel hoaks atau sampah. Secara tidak langsung jika sobat tetap menulis ikut mencegah membanjirnya artikel-artikel yang tidak ada nilai edukasinya atau sebagai artikel penyeimbang.

2.Penghasilan akan menurun
Jika bloger mogok menulis apalagi dalam jangka waktu lama tentu saja akan membuat peringkat blog menurun sehingga bisa saja trafik blog semakin terjun bebas. Efeknya tentu saja penghasilan dari blog seperti Adsense akan ikut menurun bahkan sama sekali tidak menghasilkan.

Menulis bisa dikatakan “Ruh” seorang blogger, tanpa menulis blogger akan kehilangan taringnya.  Jika ngeblog hanya dijadikan sekedar hobi saja tanpa mencari penghasilan mungkin mogok menulis tidak berakibat apa-apa tapi kalau sudah menjadikan blog sebagai mesin uang (Money Blogging) Mogok menulis sama saja Pensiun. Mungkin tidak serta merta penghasilan akan turun tapi jika mogoknya lama tentu saja akibatnya akan lebih parah.

3.Skill Menulis Menurun
Menulis adalah sebuah ketrampilan yang perlu diasah terus menerus. Jika blogger mogok menulis lambat laun skill menulisnya akan kian menurun. Jika sebelumnya menulis artikel bisa dengan mudah dilakukan bahkan dalam hitungan menit tapi jika blogger mogok menulis dalam waktu yang lama akan terasa berat untuk menulis.

Tentu saja ini sebuah kerugian padahal banyak manfaat dari menulis tidak sekedar mendapatkan trafik dari Google atau mendapatkan penghasilan. Sobat bisa mencoba menulis buku atau novel. Blog juga bisa digunakan untuk promosi produk, Personal Branding dan lain-lain.

Kesimpulan : Blogger memiliki Andil yang cukup besar dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung internet oleh karena itu akan menjadi sebuah kerugian jika blogger mogok menulis. Tetaplah menulis yang bermanfaat apapun yang terjadi karena bisa jadi ada sebagian kalangan yang tetap menunggu-nunggu tulisan Sobat.

Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

kyk mobil aja ya mas bisa mogok... jd seorang blogger memang gak mudah, apalagi jika ia keabisan kata... tp intinya sih, semangat utk menulis itu hrs tetap menyala, jika tdk, mogok deh...

Balas

agak susah si kayaknya kalo mogok nulis. jadi seorang blogger kayak udah ada panggilan jiwa aja buat nulis. gitu gak si mas? hehe

Balas