Skip to main content

Trafik Blog Menurun, Diperbaiki atau Buat Baru lagi?

TAYANGLAGI.WEB.ID – Mengelola blog itu ibarat menanam pohon, sedari tunas dirawat dengan baik sampai berbuah. Namun tak jarang setelah berbuah lebat karena terkena hama hasilnya kian lama kian menyusut. Jika sudah demikian tentunya pemilik pohon sudah malas mengurusnya bahkan bisa jadi menebangnya.
Trafik Blog Menurun

Begitu juga dalam mengelola blog, sejak domain masih polos dirawat penuh kesabaran hingga artikelnya bertambah banyak sampai akhirnya trafiknya bagus. Saat trafik sedang bagus bukan berarti tanpa hambatan. Trafik blog menurun jadi sebuah horor tersendiri apalagi jika penurunannya drastis sedangkan blog menggunakan hosting dan domain berbayar.

Penurunan trafik bukan hanya dialami blogger pemula, yang sudah lamapun tak luput dari fenomena ini. Akhir tahun ini blogger di uji kesabarannya karena Algoritma Google lebih “Galak” memperlakukan blog. Banyak blog yang trafiknya terhempas meski ada juga yang tidak terkena dampak.

Baca Juga : 5 Manfaat Blog dari Kaca Mata Bisnis

Pertanyaannya kemudian apa yang harus dilakukan jika trafik blog menurun drastis apakah diperbaiki atau buat blog baru lagi? Ulasan berikut ini bisa membantu sobat blogger.

1.Berapa Usia blog?
Usia blog ikut berpengaruh terhadap kunjungan jika usianya masih baru belum begitu stabil. Apalagi jika hanya mengandalkan trafik non organik seperti dari media sosial. Banyaknya artikel juga ikut mempengaruhi trafik. Jadi wajar jika blog baru trafiknya masih naik turun.

Bagaimana jika usianya sudah diatas 1 tahun lalu artikelnya sudah banyak tiba-tiba trafiknya turun? Ini tentu harus dicari akar permasalahannya dengan seksama. Apakah penurunan trafik tersebut hanya bersifat musiman atau memang benar-benar turun. Jika selama 1-2 bulan trafik tak kunjung pulih berarti ada penyebab lain.

Jika usia blog sobat sudah lama dan artikel sudah banyak lalu trafik turun drastis tapi sobat sudah berusaha memperbaikinya tapi tak kunjung pulih menurut saya ada 2 opsi yaitu membiarkan saja blog tersebut dan memilih membangun blog baru atau tetap mengelola blog tersebut, anggap saja membangun dari nol lagi.

Masalahnya jika blog tersebut menggunakan domain/hosting berbayar tentu anda harus mengeluarkan modal. Jika buat anda tidak jadi masalah silahkan lanjutkan blog tersebut.

2.Berapa jumlah blog yang anda miliki?
Jika blognya hanya satu dan anda tidak berniat menambah blog karena mungkin tidak ada waktu tak ada cara lain kecuali melanjutkan blog tersebut. Cari penyebab trafik blog menurun misalnya broken link, posisi artikel turun, template belum responsive dan lain-lain.

Jika memang posisi artikel turun optimasi lagi artiekl tersebut supaya bisa naik lagi contohnya dengan lebih aktif lagi posting sehingga peringkat blog naik
.
Jika blog sobat banyak dan menggunakan domain berbayar perhatikan untung ruginya, Jika memang masih menguntungkan dalam pengertian penghasilannya masih bisa menutupi perpanjangan domain silahkan lanjutkan namun jika tidak jangan buru-buru dihapus. Perpanjang sampai satu tahun kedepan dan lihat hasilnya nanti kalau memang tak kunjung membaik baru tidak diperpanjang lagi.

3.Berapa PA/DA Domain?
Meski trafik blog menurun drastis tapi kalau peringkat PA/DA nya masih bagus misalnya DA=20 keatas tidak ada salahnya untuk tetap dipertahankan domainnya alias terus diperpanjang. Kalau anda malas cukup posting beberapa artikel per bulan yang penting kelihatan aktif tapi kalau mau posting seperti biasa lebih bagus lagi.

Jika DA blog TLD sobat bagus peluang mendapatkan penghasilan sampingan dari jasa tanam backlink/ artikel review masih terbuka lebar. Sobat bisa bergabung dengan situs Sosiago agar bisa mendapatkan job atau bisa juga bergabung dengan grup facebook Job untuk blogger.

Trafik Blog menurun sudah hal yang biasa tinggal bagaimana sobat menyikapinya jika memang sudah tidak selera mengelola blog tersebut silahkan tinggalkan tapi kalau memang tetap enjoy mau trafik naik mau turun silahkan lanjutkan. Ngeblog itu sebuah kesenangan jadi kalau sobat sudah tidak merasa senang mengelola blog buat apa dilanjutkan? Semoga Bermanfaat!  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar