Sulitkah Memulai Sebuah Bisnis? Ini Tipsnya

Sulitkah Memulai Sebuah Bisnis? Ini Tipsnya

TAYANGLAGI.WEB.ID – Baru-baru ini saya kedatangan teman sesama blogger (Vlogger) atau Kopi darat. Kebetulan lokasi rumahnya memang masih dalam satu desa jadi jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh. Awal perkenalan kami berawal dari facebook sampai akhirnya bisa kopi darat. Semua teman saya ini statusnya masih sebagai karyawan perusahaan swasta jadi ngeblog atau ngevlog hanya pekerjaan sampingan saja.

Tujuan mereka menyambangi rumah saya selain bertukar pikiran seputar blog atau YouTube ternyata mereka juga tertarik berwirausaha seperti yang saya lakukan. Menurut saya itu merupakan hal yang positif bagi seorang karyawan atau buruh pabrik.

Hal ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dimana perusahaan tempat saya bekerja pailit alias gulung tikar sehingga saya kena PHK. Bagi saya masa-masa itu merupakan masa yang sulit, bagaimana tidak biasanya tiap bulan saya dapat gaji tapi sekarang saya harus mencari sendiri dengan berwirausaha.

Alhamdulillah saya bisa menjalani beberapa bisnis kecil-kecilan mulai dari jualan keripik singkong, Mie Ayam, Toko Kelontong hingga Bisnis Martabak mini. Meski Bisnis kecil-kecilan namun hasilnya cukup untuk menghidupi istri dan 3 anak saya.

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula


1.Mulai dari bisnis kecil-kecilan

Untuk pemula saya sarankan memulai bisnis dari skala kecil dulu jangan langsung bisnis besar apalagi jika statusnya masih karyawan tentunya waktunya terbatas. Prinsipnya yang penting jalan dulu, hal ini bertujuan agar anda lebih semangat melakoninya.

Usaha yang dimulai dari usaha kecil-kecilan dulu contohnya jual pulsa elektrik, jual makanan/minuman ringan seperti yang saya jalani. Jika anda mulai menghasilkan wawasan anda akan semakin luas sehingga bisa mengembangkan bisnis anda keskala yang lebih besar.

2.Pilih Bisnis Modal kecil

Salah satu kendala yang sering menghantui para pemula adalah ketersediaan modal padahal modal besar bukan satu-satunya syarat untuk memulai sebuah bisnis karena cukup banyak bisnis yang modalnya kecil.

Satu catatan lagi jangan merasa malu untuk menekuni bisnis hanya karena bisnis tersebut Cuma bisnis kecil-kecilan. Bisnis kecil-kecilan kalau ditekuni dengan serius hasilnya bisa mengalahkan bisnis yang bertempat diruko sebagai contoh teman saya hanya berjualan martabak telor mini omsetnya bisa ratusan ribu perhari.

3.Pilih Bisnis resiko kecil

Resiko bisnis juga perlu diperhatikan untuk pemula jangan hanya mengikuti bisnis yang lagi trend tapi tak memikirkan resikonya. Setiap Bisnis pasti memiliki resiko tapi pilihlah bisnis yang resikonya kecil jadi misalkan bisnisnya sepi tidak banyak membuang modal.

Contoh bisnis yang resiko kecil misalnya bisnis pulsa elektrik, warung kopi, bisnis makanan anak, depot aqua galon, Bisnis Mainan anak dan lain-lain.

4.Pilih Bisnis yang pengelolaannya mudah

Apa jadinya jika pertama kali merintis sebuah bisnis tapi pengelolaannya sulit misalnya butuh karyawan, harus mencari supplier, butuh peralatan khusus dan lain-lain. Tentunya akan menyulitkan anda. Itulah mengapa untuk pemula sebaiknya memilih bisnis yang mudah pengelolaannya. Jika memungkinkan carilah bisnis yang bisa dikelola seorang diri.

Pilih bisnis yang keuntungannya bisa dinikmati sesegera mungkin tidak perlu menunggu lama. Jangan tergiur bisnis yang menawarkan keuntungan fantastis hanya dengan modal ratusan ribu.

5.Pilih Bisnis yang bisa berkembang

Pertimbangkan untuk  memilih bisnis yang bisa berkembang lebih besar dikemudian hari. Hal itu sangat memungkinkan misalnya saja sekarang hanya merintis bisnis toko kelontong kecil –kecilan karena pelanggan akhirnya mengembangkan bisnis menjadi toko grosir sembako.

Jadi anda tidak perlu mencari bisnis lain jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, cukup satu bisnis saja tapi dikembangkan menjadi bisnis yang lebih besar.


Bagaimana Anda tertarik untuk memulai sebuah Bisnis? Kalau Bisa sekarang kenapa harus tunggu nanti.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar