Skip to main content

5 Tips Memilih Speaker Aktif Berkualitas

Speaker Aktif

TAYANGLAGI.WEB.ID
– Apakah Anda Hobi Mendengarkan Musik? Jika IYA saya yakin Anda lebih suka mendengarkan musik dari perangkat audio yang suaranya Yahud, Betul Tidak? Salah satunya dengan Speaker Aktif. Anda pasti mengetahui apa itu speaker aktif bukan?, Yups…speaker yang didalamnya sudah built in Amplifier jadi tinggal colok saja.

Asyiknya lagi dipasaran offline maupun online banyak dijual perangkat speaker aktif ini mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar. Nah..disinilah yang terkadang membuat bingung memilih speaker yang berkualitas. Karena setiap merk speaker memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika anda hanya sekedar mendengarkan musik saja tanpa memperhatikan kualitas suaranya mungkin speaker aktif apa saja cocok untuk Anda. Tapi Jika Anda menginginkan kualitas suara speaker aktif yang berkualitas dalam artian  suaranya detail dari frekeuensi rendah sampai tinggi, Bass berbobot atau cacatnya kecil saya rasa perlu tips tertentu untuk memilih spaker aktif.

Nah…pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips memilih speaker aktif berkualitas. Tips ini bisa Anda jadikan referensi ketika anda akan membeli speaker aktif sehingga dapatnya sesuai harapan. Penasaran? Berikut informasi selengkapnya :

Baca Juga : Toyota Vios Mobil Sedan Berspesifikasi Canggih

5 Tips Memilih Speaker Aktif Berkualitas


1.Konektivitas Teknologi Terkini

Jika speaker aktif jaman dulu dengan koneksi Kabel RCA saja sudah cukup, hal ini tidak berlaku untuk speaker aktif jaman sekarang. Seiring dengan kemajuan teknologi telekomunikasi terutama jaringan nirkabel, koneksi speaker aktif harus mampu mengakomodir sumber sinyal suara dari Ponsel atau perangkat lain.

Speaker aktif modern harus mendukung koneksi Bluetooth, Tersedia Input gadget 3.5 mm, Tersedia Port Multimedia untuk kartu memori maupun Flashdisk. Bahkan speaker aktif terkini mampu terhubung dengan aplikasi Android jadi perangkat bisa dioperasikan melalui Ponsel Android.

2.Daya Output Memadai

Sebagus apapun teknologinya tapi kalau daya outputnya kecil tentunya kurang asyik untuk didengarkan. Lalu berapa idealnya daya output sebuah speaker aktif yang memadai? Sebenarnya sangat tergantung dimana nanti speaker aktif itu akan diletakkan dan kegunaannya untuk apa. jika memang hanya diletakkan dikamar tidur tentu dengan daya 30 Watt RMS bahkan kurang dari itu sudah memadai namun jika speaker aktif tersebut diletakkan diruang keluarga yang luas tentunya dayanya harus menyesuaikan.

Apalagi jika Anda berencana memfungsikan speaker aktif tersebut untuk sound system rumahan seperti untuk keperluan pengajian atau kegiatan RT, menurut saya setidaknya daya outputnya 80 watt- 100 Watt RMS. Biasanya harga berbading lurus dengan daya outputnya semakin besar dayanya harganya juga akan semakin mahal.

3.Sistem Speaker 3 Way

Perlu anda ketahui sistem speker ada 3 macam yaitu Fullrange, 2 Way dan 3 Way. Sistem speaker yang mampu menghasilkan suara yang lebih detail adalah yang sistem 3 Way karena terdiri dari 3 Driver khusus yang mampu merespon tiap-tiap frekuensi mulai dari frekuensi rendah, medium hingga Tinggi.

Ciri Khas dari sistem speaker ini bisa dilihat dari jumlah drivernya minimal ada 3 yaitu Speaker Woofer, Midrange dan Twitter. Untuk mengetahui secara pasti bisa dilihat dari data spesifikasi pabrikan karena bisa saja  drivernya 3 tapi sebenarnya sistemnya 2 Waya, bisa jadi karena speaker tersebut Double Woofer.

4.Data Spesifikasi Jelas

Seperti yang sudah saya singgung diatas daya output dan sistem speaker ikut mempengaruhi kualitas suara. Untuk mengetahuinya yaitu dengan cara melihat data spesifikasinya misalnya sistem speakernya apa, stereo atau tidak, serta daya outputnya berapa.

Sayangnya kadang pabrikan tidak mencantumkan dengan jelas terutama daya outputnya. Kadang ada speaker yang mengklaim dayanya sekian ribu PMPO padahal ternyata daya RMS nya kecil. Jadi saran saya belilah speaker aktif dengan data spesifikasi yang jelas dari pabrikan. Ada pabrikan yang mencantumkan berapa daya otuputnya dibelakang speaker serta jenis speaker sistemnya.

5.Garansi Distributor

Ini yang paling penting ketika akan membeli speaker aktif namanya juga barang elektronik bisa saja tedapat cacat produksi sehingga cepat rusak. Pastikan ada garansi distributor yang panjang misalnya 1 tahun sehingga anda lebih tenang. Garansi yang lama biasanya diberikan pabirkan besar seperti Polytron

Selain garansi distributor ada pula garansi toko, biasanya tidak lama misalnya sebulan atau beberapa minggu. Jika Anda membeli speaker aktif semacam ini tentu resiko ditanggung sendiri karena garansinya pendek.

Demikianlah Informasi seputar 5 Tips Memilih Speaker Aktif Berkualitas Semoga Bisa Membantu Anda menemukan Speaker Aktif Idaman. Terima Kasih Sudah berkunjung !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar