Skip to main content

Tips Membuat Video YouTube Menarik Minat Penonton




TAYANGLAGI.WEB.ID – Memiliki sebuah channel YouTube yang banyak penontonnya merupakan aset online yang berharga. Percayalah dengan channel tersebut bisa digunakan untuk keperluan internet marketing sehingga akan meningkatkan omset toko online Anda. Bahkan jika channel tersebut bergabung dengan YPP (YouTube Partner Program) dan diterima maka akan menghasilkan uang dari Iklan Adsense belum lagi kalau di-endorse oleh brand tertentu.

Membuat video YouTube memang mudah namun untuk menghasilkan video yang menarik minat penonton tak semudah itu. Banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya dari sisi teknis proses pembuatan video itu sendiri. Ide video yang bagus tak serta merta hasil videonya juga bagus contoh saja gambarnya tidak stabil, kurang jernih atau suara kecil tentunya videonya jadi tidak enak untuk ditonton.

Itulah mengapa jika Anda berniat menjadi kreator Video YouTube langkah yang perlu Anda pelajari adalah hal teknis pembuatan video. Ini memang sebuah pilihan karena proses membuat video yang menarik, butuh kecermatan. Kalau memang Anda lebih suka upload video langsung dari HP tanpa proses apapun tentu itu pilihan Anda.

Jika Anda ingin membuat video Youtube yang menarik minat penonton sebaiknya mempertimbangkan beberapa Aspek berikut ini, Silahkan Simak!

Baca Juga :

 

1.Gunakan Kualitas Video Terbaik

Jika Anda lihat video diYoutube mungkin anda pernah melihat video yang gambarnya jernih ada pula yang buram. Hal ini terjadi karena perbedaan kualitas video yang bisa dilihat dari resolusi videonya ada yang non HD ada pula yang HD bahkan FHD hingga 4K. Semakin tinggi nilai Pixelnya maka akan semakin bagus misalnya saja video 4K = 3840 x 2160 Pixel.

Kabar baiknya HP keluaran sekarang kualitas videonya rata-rata sudah HD bahkan ada yang 4K dengan harga yang terjangkau. Frame ratenya juga rata-rata diangka 30 yang memenuhi standar video dari Youtube. Jika Anda punya dana lebih bisa menggunakan Kamera DSLR/Miroless atau Kamera khusus video seperti Handycam.

Tenggok Hp Anda apakah kualitas videonya sudah HD, kalau belum mau tak mau anda harus membeli HP baru atau second.

2.Tambahkan Intro dan Outro Video

Intro adalah video pembuka sedangkan outro adalah video penutup. Biasanya pada Intro akan menampilkan nama channel dengan grafis yang menarik. Fungsi dari video intro ini adalah untuk memperkuat branding dan terlihat profesional. Intro video juga bisa berfungsi mengajak penonton untuk Subscribe.

Intro video ini bisa dibuat dengan tool tertentu atau software editing video. Buat intro semenarik mungkin tapi durasinya jangan terlalu panjang cukup 10-12 detik. Untuk outro bisa juga disisipkan ajakan untuk subscribe atau ucapan terima kasih.

3.Gunakan Audio yang jelas dan jernih

Tahukan Anda video yang ada suaranya atau narasi lebih disukai dari video yang bisu? Dengan adanya narasi maka video yang disampaikan terutama untuk jenis video tutorial menjadi lebih mudah dipakami. Sayangnya seringkali suaranya kecil sehingga tidak terdengar jelas. Hal ini bisa disebabkan karena hanya menggunakan Mic internal bawaan kamera.

Gunakan Mic eksternal agar suara Narasi terdengar jelas bisa berupa Mic clip atau Mic Biasa. Pemberian narasi ini tidak harus saat perekaman video berlangsung tapi bisa juga dibuat belakangan yang kemudian digabungkan melalui proses editing.

4.Tambahkan Backsound

Video yang ada backsoundnya atau musik akan lebih enak untuk ditonton dibandingkan dengan yang tidak. YouTube sendiri sudah menyediakan musik untuk backsound secara gratis dan bebas hak cipta jadi sayang kalau tidak digunakan.

Sesuaikan genre musik backsoundnya dengan topik video Anda misalnya video traveling tentu lebih bagus jika menggunakan backsound bergenre Pop.

5.Tambahkan Logo Channel

Untuk memperkuat branding channel Anda dimata penonton silahkan tambahkan Logo channel divideo yang kebanyakan diletakkan dikanan/kiri pojok atas. Pemberian Logo channel juga akan mempermudah penonton mengingat channel video Anda sehingga lebih mudah untuk dipromosikan.

Membuat logo channel ini cukup mudah cukup menggunakan software pengolah gambar seperti Photoshop atau bisa juga melalui Tool desain grafis online seperti Canva. Jika ingin tampilan logonya lebih bagus bisa menggunakan jasa desain Logo.

Bagaimana menurut Anda tidak sulit bukan membuat video Youtube menarik minat penonton? Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar