Skip to main content

Bisnis Toko Kelontong Masihkah Menjanjikan?

Toko kelontong Murah

TAYANGLAGI.WEB.ID – Inovasi bisnis kian hari semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, tak jarang sebuah bisnis harus tersingkirkan sebut saja Warung Telekomunikasi (Wartel). Kemunculan bisnis yang berbasis teknologi sebuat saja Transportasi Online, Situs Marketplace, Fintech tak pelak mulai menggeser bisnis yang sebelumnya menjadi favorit.

Namun demkian  masih banyak bisnis konvensional yang masih tetap eksis dan bertahan salah satunya Bisnis Toko Kelontong atau kadang disebut juga warung sembako. Padahal banyak toko sembako online yang bermunculan namun toko kelontong masih tetap dibutuhkan masyarakat. Apalagi jika tokonya lengkap dan Harganya murah pembeli tak segan-segan untuk berlangganan.

Baca Juga :
Yuk Bangun Investasi Online mulai Sekarang
Sulitkah Memulai Sebuah Bisnis? Ini Tipsnya

Coba anda perhatikan disetiap perumahan atau pemukiman padat penduduk akan selalu ada toko kelontong bahkan jumlahnya bisa lebih dari satu. Hal ini bisa menjadi bukti kalau bisnis toko kelontong masih menjanjikan namun dengan catatan toko kelontong tersebut dikelola dengan baik. Berikut Fakta seputar Bisnis Toko Kelontong.

1.Masyarakat lebih suka belanja ketoko terdekat

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari  seperti beras, gula, minyak, gas LPG ,masyarakat akan lebih memilih belanja kewarung terdekat dengan rumah dan toko kelontong menjadi pilihannya. Belanja ketoko kelontong itu tak perlu ribet apalagi belanjanya Cuma 1 atau 2 barang, tinggal ngomong terus bayar.

Memang ada sih masyarakat terutama kalangan karyawan/pegawai yang memilih belanja sekaligus atau belanja bulanan disupermarket setiap habis gajian namun tetap saja ada kebutuhan yang harus dibeli ditoko kelontong.

2.Masyarakat Lebih suka belanja eceran

Tak bisa dipungkiri jika belanja kebutuhan sehari-hari dalam partai besar misalnya 1 Dus harganya akan lebih murah namun tak sedikit masyarakat yang lebih memilih belanja eceran karena pengeluaran lebih terkontrol dari pada beli sekaligus banyak.

Selain itu tidak semua kebutuhan bulanan sebuah barang harus banyak misalnya saja Sabun Mandi, Pasta Gigi, Kopi. Jadi pas butuh baru beli dan belanja ketoko kelontong akan lebih mudah dan cepat dari pada harus kesupermarket atau mini market.

3.Harga bisa lebih murah 

Tak sedikit toko kelontong yang harganya murah bahkan bisa lebih murah dari pada Minimarket. Hal ini bisa terjadi karena biasanya toko kelotong tak perlu bayar karyawan dan pasokannya langsung dari distributor sehingga harganya juga bisa lebih murah.

Jika sebuah toko kelontong sudah dicap sebagai toko murah biasanya akan diburu ibu-ibu rumah tangga sehingga tokonya menjadi ramai pembeli. Memang masing-masing toko kelontong menerapkan harga yang berbeda ada yang murah ada pula yang mahal sehingga jika ingin sukses perlu menerapkan harga yang murah.

4.Bisa Ambil Dulu Bayar kemudian

Ini yang membedakan Toko kelontong dan Minimarket, Jika pembeli sudah langganan biasanya bisa ambil dulu bayarnya kemudian meskipun tidak banyak misalnya pas belanja duitnya kurang bayarnya besok sekalian belanja lagi atu sekalian lewat.

Tentunya pembeli tak ragu untuk belanja lagi karena jika pas duitnya karang tetap bisa belanja. Bahkan ada toko kelotong yang memang melayani pembeli secara kredit ( Hutang) namun biasanya untuk pelanggan tetap yang sudah terbukti kejujurannya.

5.Dapat THR

Ini juga kelebihan belanja ditoko kelontong atau warung sembako, biasanya disetiap lebaran akan mendapatkan bingkisan THR baik berupa sirup atau kue yang diberikan kepada pembeli yang sudah berlangganan. Tentunya ini menguntungkan bagi pembeli apalagi jika harganya sudah murah tapi tetap mendapatkn THR.

Bandingkan dengan belanja ke Minimarket meskipun harganya terkadang ada yang mahal mana ada yang memberi bingkisan THR setiap lebaran.

Kesimpulannya Bisnis Toko kelontong Masih tetap Menjanjikan meskipun bermunculan bisnis retail modern maupun toko sembako online asalkan dikelola dengan strategi yang jitu.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar