Skip to main content

Perlukah Beli Template Blogger Premium?

Template Blogger Premium

TAYANGLAGI.WEB.ID – PERLUKAH BELI TEMPLATE BLOGGER PREMIUM?,Pengguna platform blogger ( Baca : Blogger.com) milik Google tidak bisa dianggap remeh jumlah penggunanya tidak kalah dengan pengguna Wordpress Berbayar atau Self Hosted. Meski Wordpress Self hosted fiturnya lengkap namun karena berbayar dan itu tidak murah membuat sebagian blogger lebih memilih menggunakan platform Blogger.

Mungkin masih ada yang memandang sebelah mata pengguna blogger apalagi yang domainnya masih gratisan katanya kurang profesional. Mungkin anggapan itu ada benarnya karena jika sebuah blog menggunakan platform blogger maka Google masih memegang kontrol walaupun itu milik Anda. Kemungkinan buruknya bisa saja Google menghapus blog Anda dengan berbagai alasan.

Kembali kemasalah anggapan miring tadi sebenarnya pengguna Blogger masih bisa kok tampil profesional yaitu dengan menggunakan domain berbayar (TLD/Top Level Domain) sedangkan hostingnya masih menggunakan blogger contohnya seperti blog yang sedang Anda kunjungi ini.

Cara lainnya lagi adalah dengan menggunakan template blogger yang menarik sehingga tampilannya lebih profesional. Masalah lain muncul ketika harus mempercantik (Oprek) tampilan blog karena hal itu tidak mudah dilakukan bagi yang belum paham html atau css.

Lalu Cara Mudahnya Bagaimana agar tampilan blognya menarik?

Tenang saja... Anda bisa Beli Template Premium Blogger atau berbayar.

Mungkin Anda berpikir AH..Mahal harganya. Menurut saya mahal itu relatif jika keuntungan dibalik pembelian itu banyak apalagi bagi blog-blog yang sudah menghasilkan, saya rasa beli template premium blogger merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Saya sendiri awal-awal ngeblog lebih memilih menggunakan template bloger gratisan namun memasuki tahun ke-4 ngeblog barulah saya menggunakan template premium dan asyiknya lagi template tersebut terus diupdate oleh penjualnya sehingga performanya semakin bagus.

Baca Juga :
Perbandingan Blogspot dan Wordpress Self Hosted 
Saya Bangga Menggunakan Domain Indonesia
Hosting Terbaik Bagi Blogger Pemula

Keuntungan Beli Template Blogger Premum

1.One Time Payment

Jika Anda Beli template blogger premium maka cukup bayar sekali Anda akan memiliki hak untuk menggunakannya seumur hidup. Asyiknya lagi meskipun nantinya templatenya diperbaharui oleh pembuatanya maka akan akan mendapatkan versi yang sudah diperbaharui secara gratis.

Namun demikian Anda perlu kejelian juga saat akan beli template premium blogger dan tips dari saya adalah pilihlah template yang terus diperbaharui mengikuti perkembangan algoritma Google. Sebagai contoh template yang saya gunakan sudah mengalami pembaharuan sebanyak 8 kali.

Hindari beli template blogger premium yang sama sekali tidak pernah diupdate walaupun itu hak pembuatnya tapi mengingat algoritma Google yang selalu dinamis tentunya template blog juga harus mengikuti.

2.Berlaku untuk Unlimited Domain

Meskipun premium tapi Anda bisa bebas menggunakan untuk semua blog yang Anda miliki namun kalau untuk orang lain meskipun pembuatnya tidak tahu sebaiknya jangan dilakukan karena kurang beretika dan lisensinya personal bukan developer.

Ini tentu jadi keuntungan tersendiri khususnya bagi blogger yang memiliki blog lebih dari satu. Contoh saya sendiri dari 8 blog yang saya miliki semuanya menggunakan 1 template premium.

3.Fast Loading dan Responsive

Semua pembuat template blogger baik yang gratisan maupun premium hampir menyematkan fitur responsive pada templatenya walaupun ada juga sih template blogger yang belum responsive namun untuk template yang fast loading belum tentu.

Nah dengan beli template bloger premium Anda bisa bebas memilih mana yang loadingnya paling cepat. Untuk menguji seberapa kecepatan sebuah template bisa Anda uji dengan tools dari Google Page Speed Insights. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah, itu adalah hasil pengecakan loading blog ini :


Dari gambar diatas bisa dilihat kecepatan blog ini mendapatkan skor 97 untuk versi Mobile dan 100 untuk Dekstop. Kecepatan blog menurut tools ini terbagi ,menjadi 3 ; Cepat ( 90-100) Sedang (50-89) dan Lambat (0-49).

Jika Anda ingin Beli template premiun sebaiknya memperhatikan kecepatan versi Mobile karena diera Algoritma terbaru lebih memperhatikan kecepatan versi Mobile. Saya pernah tertarik membeli template premiun tapi saat saya cek kecepatan versi mobilenya kurangcepat akhirnya batal membeli padahal kecepatan versi Desktopnya cepat namun lebih penting kecepatan versi mobile karena rata-rata pengunjung blog berasal dari Hp.

Satu hal lagi tentang kecepatan ini terkadang saat dicek hasilnya bagus tapi begitu dipasang iklan Adsense kecepatannya jadi turun. Nah Anda harus jeli tentang hal ini. Tanyakan kepada penjualnya apakah kecepatannya menurun atau tidak jika dipasang iklan adsense.

3.Tanpa Link Kredit

Jika Anda menggunakan template gratisan sudah bisa dipastikan ada link kredit footer dari pembuatnya biasanya mengarah kesitus pembuatnya. Meskipun linknya bersifat No Follow namun tentunya mengurangi kredibilitas blog dimata pengunjung walaupun tidak semua pengunjung begitu namun jika ingin mendapatkan tawaran kerja sama dari pihak lain penggunaan template blogger premiun bisa menjadi nilai lebih.

Berbeda dengan template blogger premium tidak terdapat link kredit footer jadi terlihat lebih profesional. Bukanlah kalau pakai template gratisan bisa dihilangkan sendiri link kreditnya? Bisa memang, tapi sama saja Anda tidak menghargai pembuat template yang sudah bersusah payah dan terkadang pembuat template menanamkan script tertentu sehingga kalau dihilangkan link kreditnya akan redirect ke situs tertentu.

Itu baru sebagian kelebihan jika Anda beli template blogger premium masih ada kelebihan lainnya seperti No Encrypted Script atau Lifetime Suport.

Kesimpulannya beli template blogger premium cukup menguntungkan jadi Perlu membelinya. Lebih disarankan lagi jika Anda sudah bisa menghasilkan uang dari Blog, Sekali bayar untuk selamanya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar